Panglima TNI Ingatkan Netralitas Prajurit TNI di Pilkada 2020

Home / Berita / Panglima TNI Ingatkan Netralitas Prajurit TNI di Pilkada 2020
Panglima TNI Ingatkan Netralitas Prajurit TNI di Pilkada 2020 Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (FOTO: Istimewa)

TIMESJAKARTA, JAKARTAPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan seluruh prajurit TNI untuk menjaga netralitas dan tidak terlubat dalam politik praktis pada gelaran Pilkada 2020 mendatang.

"Kita mengingatkan kembali kepada jajaran unsur-unsur TNI di seluruh wilayah, untuk tetap memegang netralitas TNI, tidak berpolitik praktis," ujar Panglima TNI saat memimpin Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020).

Menurut Panglima TNI, tugas TNI/Polri pada Pilkada yang bakal digelar serentak di 270 daerah seluruh Indonesia itu adalah pengamanan. Selain Pilkada, TNI bersama jajaran Polri  juga siap mengamankan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"Kita harapkan pelaksanaan PON nantinya bisa berjalan dengan aman dan damai tanpa adanya gangguan keamanan di wilayah tersebut, khususnya di Papua," imbuh Hadi.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga sempat menyinggung soal P5 (proper, planing, prevent, peaceful dan performance). Menurutnya, perencanaan yang baik akan menghindari performance yang buruk.

Berikutnya, tingkatkan kesiapsiagaan, komando kewilayahan dan terus berkoordinasi agar TNI/Polri bersinergi mengamankan Pilkada Serentak 2020.

"Ketiga, kita ingat, kerawanan pemilu, politik identitas, berita-berita di sosmed, dan pantau-pantau di titik kerawanan, namun setiap pemangku wilayah juga harus memiliki asesmen tersendiri bagaimana situasi di wilayahnya. Yang keempat, turunkan ego sektoral, antar-instansi," ucapnya.

Kelima, Panglima TNI meminta untuk meningkatkan kepekaan, kepedulian dan refleksi diri. "Keenam jaga kepercayaan TNI dan Polri di tengah-tengah masyarakat dan ketujuh yang perlu saya tegaskan netralitas TNI, terkait dengan Pilkada Serentak 2020," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com