Ciptakan Hukum yang Fleksibel, Presiden RI Jokowi Minta Dukungan Semua Pihak

Home / Berita / Ciptakan Hukum yang Fleksibel, Presiden RI Jokowi Minta Dukungan Semua Pihak
Ciptakan Hukum yang Fleksibel, Presiden RI Jokowi Minta Dukungan Semua Pihak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam Penyampaian Laporan Tahunan MK (Foto: Setkab RI for TIMES Indonesia)

TIMESJAKARTA, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengharapkan dukungan dari berbagai pihak untuk melangkah bersama pemerintah dalam satu visi yang sama yakni menciptakan hukum yang fleksibel.

"Hukum yang sederhana, hukum yang kompetitif, dan responsif demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagaimana amanat konstitusi kita," tegasnya saat memberikan sambutan di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (28/1/2020).

Menurut presiden, tantangan dan peluang bangsa ke depan adalah dunia yang mengalami perubahan sangat cepat. Tantangan bakal makin kompleks, persaingan pun makin ketat. Untuk itu, ia mengajukan cara-cara kerja baru yang lebih cepat dan efisien.

"Langkah kita juga harus lebih cepat dan lebih dinamis. Kita harus melakukan penyederhanaan. Kita wajib memangkas kerumitan-kerumitan agar kita menjadi bangsa yang memiliki daya saing, memiliki kompetitif di tingkat dunia," imbuh Presiden.

Presiden meyakini para pendiri bangsa ini telah merumuskan Undang-undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara yang tak mudah lekang oleh zaman, dan dibuat untuk mengatur hal-hal yang sangat fundamental.

"Sehingga kita memiliki kesempatan dan keleluasaan untuk menyusun pengaturan di bawahnya, agar selalu siap merespons perubahan zaman untuk memenangkan kompetisi," sambungnya.

Presiden RI Jokowi menyebut saat ini banyak peraturan turunan, yang tidak konsisten, terlalu rigid dan mengekang ruang gerak sendiri. "Serta menghambat kecepatan dalam langkah dan mempersulit untuk memenangkan kompetisi," tukasnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com