Prihatin Hama Tikus, Setiajit Beri Bantuan Obat Pembasmi Tikus dan Rumah Burung Hantu

Home / Berita / Prihatin Hama Tikus, Setiajit Beri Bantuan Obat Pembasmi Tikus dan Rumah Burung Hantu
Prihatin Hama Tikus, Setiajit Beri Bantuan Obat Pembasmi Tikus dan Rumah Burung Hantu Setiajit saat melihat kondisi tanaman jagung yang rusak akibat serangan hama tikus, Rabu, (29/01/2020). (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)

TIMESJAKARTA, TUBAN – Bakal Calon Bupati Tuban dan juga Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Setiajit bagikan obat pembasmi tikus dan 3 unit rumah burung hantu untuk membantu petani membasmi hama tikus yang menyerang tanaman padi dan jagung di Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Tuban, Rabu, (29/01/2020).

Usai membagikan obat pembasmi tikus, Setiajit kemudian melihat secara langsung kondisi tanaman jagung yang rusak akibat serangan tikus.

"Kita merasa prihatin terhadap musibah petani. Kita berikan obat tikus dan rumah burung hantu sebagai upaya mengurangi hama tikus," kata Setiajit.

tanaman-jagung-2.jpg

Disampaikannya, hama tikus harus dilawan dengan hewan predator (burung hantu) ataupun obat. Namun jika obat juga ada batasannya supaya tidak mengganggu lingkungan. "Nanti kalau bantuan ini ada manfaat, saya tambah lagi," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan wartawan TIMES Indonesia di lokasi, tanaman jagung milik petani yang baru berumur 30 hari lebih ini terlihat banyak yang diserang tikus hingga patah dan rusak. Bahkan luasan tanaman jagung yang rusak mencapai 40 hektar lebih.

tanaman-jagung-3.jpg

Menurut Setiajit, tanaman jagung sebelum umur 30 hari sangat rentan terhadap serangan hama ulat. Tapi setelah lebih dari 30 hari juga rentan hama tikus.

"Kita membantu obat-obatan pembasmi hama tikus. Kemudian rumah burung hantu yang bisa menjadi predator. Mudah-mudahan dengan bantuan inj ada manfaat untuk petani," pungkas Setiajit. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com