Saudi Arabia Tunda Pemberangkatan Umrah Karena Corona, Ini Kata Kemenag Jatim

Home / Berita / Saudi Arabia Tunda Pemberangkatan Umrah Karena Corona, Ini Kata Kemenag Jatim
Saudi Arabia Tunda Pemberangkatan Umrah Karena Corona, Ini Kata Kemenag Jatim Mahsun Zain, Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kemenag Jatim (FOTO: tourindo)

TIMESJAKARTA, SURABAYA – Saudi Arabia menghentikan sementara perjalanan umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Mahsun Zain, Kasi Pembinaan Haji dan Umroh Kemenag Jatim mengatakan, pihaknya baru mengetahui hal tersebut pagi tadi (27/2/2020) melalui media online.

"Baru kami baca pagi tadi lewat media TIMES Indonesia online tentang kebijakan pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara ke Arab," terangnya saat dihubungi melalui telepon.

Pihaknya kemudian mendapat informasi dari Kementerian Agama Pusat pukul 09.00 Wib untuk melakukan pemantauan ke Bandara Juanda. Ia kemudian kembali datang ke bandara pukul 15.00  untuk melihat kondisi jamaah umrah.

Ia mengatatakan bahwa Kemenag juga telah bertemu dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Surabaya, Angkasapura dan Saudi Arabia Airline.

"Kami sifatnya memantau," tambahnya.

Berdasarkan informasi dari maskapai yang terkait ia mendapati ada maskapai yang melakukan penundaan.

"Kebetulan hari ini jamaah dari maskapai Saudi Arabia Airlines jam 11.00 WIB diberangkatkan, apakah dikembalikan lagi ketika sudah di Arabia kami belum tahu," ujar Mahsun.

Sampai saat ini pihaknya masih menunggu surat pemberitahuan maupun pers rilis dari Kementrian Agama Pusat mengenai hal ini. Saat ditanya berapa jumalh jamaah umroh Jawa Timur yang berangkat ia mengatakan data tersebut berada di Kemenag pusat.

Saat ini jamaah di wilayah kerja Kemenag Jatim masuk peringkat 3 jumlah jamaah umrah terbanyak se-Indonesia, setelah Jawa Barat. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com