Pemkab Cilacap Terima 110 APD Bantuan Pemprov untuk Penanganan Covid-19

Home / Berita / Pemkab Cilacap Terima 110 APD Bantuan Pemprov untuk Penanganan Covid-19
Pemkab Cilacap Terima 110 APD Bantuan Pemprov untuk Penanganan Covid-19 APD yang didistribusikan ke RS lini tiga. (FOTO: Hermawan/TIMES Indonesia)
Fokus Berita

TIMESJAKARTA, CILACAP – Sedikitnya 110 Alat Pelindung Diri (APD) bantuan dari Pemprov Jateng diterima Pemkab Cilacap, Rabu (25/3/2020). Sebanyak 110 APD berupa baju anti infeksi atau hazmat suit untuk paramedis dalam penanganan Covid-19 itu diterima Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cilacap, M Wijaya.

"Bantuan tersebut akan didistribusikan ke RSUD Cilacap, dimana sebagai RS rujukan lini kedua, sesuai SK Gubernur Jateng," katanya.

Bantuan yang didatangkan dari China ini, merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat.Untuk Jateng sendiri mendapatkan 10 ribu APD yang akan didistribusikan ke 61 RS rujukan se-Jateng.

Ketersediaan APD merupakan kendala dalam penanganan PDP, dan bantuan tersebut selain untuk RSUD juga dikirim ke RS rujukan lini ketiga, sesuai SK Bupati Cilacap, serta 24 Puskesmas yang ada di Cilacap.

"RS atau Puskesmas akan mendapat antara 5-10 APD," kata Kepala Dinkes Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi.

Sesuai SK Bupati, Pemkab Cilacap sudah menetapkan RS rujukan lini ketiga dalam penanganan Covid-19, mengingat bertambahnya PDP.

Dalam penanganan PDP, APD merupakan hal yang penting dan harus dipakai, karena tim medis jika melakukan penanganan tapi tidak menggunakan APD sesuai SOP, akan berisiko terpapar.

Selain APD, bantuan rapid test Covid-19 dari Pemerintah Pusat juga ditunggu Pemkab Cilacap. Kit rapid test tersebut dilakukan untuk pengecekan massal, namun berapa jumlah yang akan diterima pun masih belum diketahui. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com