Bandara Waingapu dan Tambola tetap Dibuka, Pengawasan Covid-19 Terus Dilakukan

Home / Berita / Bandara Waingapu dan Tambola tetap Dibuka, Pengawasan Covid-19 Terus Dilakukan
Bandara Waingapu dan Tambola tetap Dibuka, Pengawasan Covid-19 Terus Dilakukan Kepala Otoritas Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu, Sumba Timur NTT Haryanto. (FOTO: Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESJAKARTA, WAINGAPUBandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT dan Tambolaka Sumba Barat tetap dibuka.

“Terkait dengan virus corona Covid-19, Bandara UMK Waingapu dan Tambolaka tetap dibuka namun kami terus memperketat pengawasan dan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan sehingga nanti dengan sendirinya penerbangan mulai sepi dan banyak yang cancel,” kata Kepala Otoritas Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT, Haryanto, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, pengawasan di Bandara UMK Waingapu telah dilakukan secara optimal sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Jadi sebelumnya ditetapkan status darurat global wabah virus ini. Kemenhub juga sudah melakukan koordinasi dengan KKP dan seluruh stakeholder terkait baik di bandara maupun pelabuhan untuk memperketat pengawasan masuknya penumpang,” ujarnya.

Selain itu kata Haryanto, disetiap bandara, Kemenhub telah membentuk komite fasilitas nasional (FAL) yang dikoordinir oleh Kepala Kantor Otoritas Bandara guna meningkatkan koordinasi stakeholder penerbangan dengan menjalankan pengawasan sesuai prosedur.

“Tentunya kami membantu menyediakan media sosialisasi kepada masyarakat khusus pengguna jasa transportasi udara terkait kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di bandara,” terangnya.

Haryanto menambahkan, bagi Maskapai yang melayani penerbangan langsung maupun transit diminta untuk segera menyampaikan dokumen kesehatan dan manifest penumpang kepada petugas kesehatan di pos kesehatan terminal saat mendarat.

“Disamping itu petugas bandara bersama KKP telah menyiapkan kamera pemindai suhu atau Thermo Scanner dan hand sanitizer serta masker di bandara,” tutur Kepala Otoritas Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur NTT Haryanto. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com