Kemenag Siapkan Seluruh Asrama Haji untuk RS Darurat Corona

Home / Berita / Kemenag Siapkan Seluruh Asrama Haji untuk RS Darurat Corona
Kemenag Siapkan Seluruh Asrama Haji untuk RS Darurat Corona Zainut Tauhid (FOTO: Istimewa)

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan 16 asrama haji yang tersebar di seluruh Indonesia bila dibutuhkan sebagai rumah sakit (RS) darurat Corona. Saat ini Kemenag terus berkomunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terkait teknis penggunaan RS darurat tersebut.

"Ada 16 yang tersebar di berbagai provinsi. Prinsipnya Kemenag siap mem-back-up kebutuhan RS darurat dalam menghadapi wabah virus Corona dengan menyediakan asrama haji," ujar Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid saat dihubungi, Sabtu (28/3/2020).

Zainut mengatakan asrama haji tersebut akan disesuaikan dengan daerah yang membutuhkan. Menurutnya, Kemenag akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan hingga kepala daerah.

"Tentunya dalam hal ini sesuai dengan kebutuhan daerah dan teknisnya tetap harus dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Penanggulangan Virus Covid-19 Daerah dan pemda setempat," ucapnya.

Zainut menjelaskan RS darurat itu nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing. 

"Pertama kan harus melihat dari kebutuhan daerah, lokasi asrama haji yang dimiliki Kemenag tersebar diberbagai daerah. Sangat kondisional sekali tergantung kebutuhan daerah masing-masing," ucapnya

Sementara itu, untuk di Jakarta, RS darurat ada di Wisma Atlet Kemayoran. Namun, apabila dibutuhkan, asrama haji yang ada di Jakarta siap menampung sebagai tempat karantina.

"Iya, kalau Jakarta kan sekarang sudah ditampung di wisma atlet. Kalau masih dibutuhkan, kami masih menyiapkan (Asrama Haji untuk RS darurat penanganan Covid-19) sifatnya kami back-up aja," ungkap Zainut Tauhid, Wakil Menteri Agama. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com