Sidang Tahunan MPR RI 2020, Presiden RI Jokowi: Semua Kebijakan Harus Ramah Lingkungan

Home / Berita / Sidang Tahunan MPR RI 2020, Presiden RI Jokowi: Semua Kebijakan Harus Ramah Lingkungan
Sidang Tahunan MPR RI 2020, Presiden RI Jokowi: Semua Kebijakan Harus Ramah Lingkungan Sidang tahunan MPR RI 2020. (FOTO: Dokumen Humas DPR RI)

TIMESJAKARTA, JAKARTAPresiden RI Jokowi dalam pidato di Sidang Tahunan MPR RI mengingatkan, agar semua kebijakan harus mengedepankan ramah lingkungan dan perlindungan HAM. Dia menilai kecepatan dan ketepatan tidak bisa dipertukarkan dengan kecerobohan dan kesewenang-wenangan.

"Fleksibilitas yang tinggi dan birokrasi yang sederhana tidak bisa dipertukarkan dengan kepastian hukum, antikorupsi, dan demokrasi. Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi," ucap Jokowi di Gedung MPR RI/DPR RI/DPD RI, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Dia memastikan, pemerintah terus meningkatkan upaya pencegahan korupsi. Hal itu dilakukan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien. "Hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Di sisi lain, Kepala Negara menegaskan bahwa penegakan nilai-nilai demokrasi tidak bisa ditawar. Menurut dia, Pilkada Serentak 2020 yang akan berlangsung Desember mendatang harus tetap berjalan dengan protokol kesehatan ketat.

"Demokrasi harus tetap berjalan dengan baik, tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum, serta budaya adiluhung bangsa Indonesia," tutur Presiden RI Jokowi.

Sidang Tahunan MPR RI/DPR RI dan DPD RI Tahun 2020 dihadiri oleh 435 anggota, terdiri atas 161 anggota hadir secara fisik di Gedung Parlemen Senayan dan 274 anggota mengikuti sidang secara virtual. Sidang tahunan kali ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi Covid-19.

Presiden RI Jokowi hadir dengan mengenakan pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur. Kepala Negara membahas banyak hal dalam pidato sidang tahunan MPR RI 2020. Ia juga sempat menyingung agar semua kebijakan harus mengedepankan ramah lingkungan dan perlindungan HAM. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com