Sidang Tahunan MPR RI, Presiden RI Jokowi: Perluasan Kesempatan Kerja untuk Rakyat

Home / Berita / Sidang Tahunan MPR RI, Presiden RI Jokowi: Perluasan Kesempatan Kerja untuk Rakyat
Sidang Tahunan MPR RI, Presiden RI Jokowi: Perluasan Kesempatan Kerja untuk Rakyat Presiden RI Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (FOTO: ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

TIMESJAKARTA, JAKARTAPresiden RI Jokowi dalam pidato sidang tahunan MPR RI, DPR RI, DPD RI Tahun 2020 menyampaikan kabar baik, bahwa pemerintah kini tengah membangun perluasan kesempatan kerja untuk rakyat Indonesia. 

"Ekosistem nasional yang kondusif bagi perluasan kesempatan kerja yang berkualitas harus kita bangun," ucap Presiden RI Jokowo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Selain itu prosedur panjang dan berbelit pun harus digeser menjadi smart shortcut. Orientasi prosedur diubah menjadi orientasi hasil. Fleksibilitas, kecepatan, dan ketepatan disebut Jokowi sangat dibutuhkan. 

Terus, efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan. Kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional juga harus ditingkatkan. "Pola pikir dan etos kerja kita harus berubah," tegas Jokowi.

Begitu pula dengan penataan regulasi yang harus dilakukan. "Regulasi yang tumpang tindih, yang merumitkan, yang menjebak semua pihak dalam risiko harus kita sudahi," ungkap Presiden.

Jokowi mengatakan pemerintah telah melakukan secara slcepat perubahan rumusan program, menyesuaikan program kerja dengan situasi terkini, melakukan realokasi anggaran dalam waktu singkat, hingga bersinergi dengan BI, OJK, dan LPS untuk memulihkan perekonomian nasional.

"Menerbitkan Perpu Nomor 1 Tahun 2020, yang kemudian disetujui oleh DPR menjadi UU nomor 2 Tahun 2020, terimakasih anggota DPR atas kerja cepatnya," kata Jokowi.

Tujuan besar dari semua tindakan tersebut adalah untuk mewujudkan perekonomian nasional yang adil. "Untuk kepentingan yang sudah bekerja, untuk kepentingan yang sedang mencari kerja, untuk mengentaskan kemiskinan, dengan menyediakan kesempatan kerja yang berkualitas seluas-luasnya. Kita ingin semua harus bekerja. Kita ingin semua sejahtera," imbuh Presiden.

Prinsip keadilan dan kesejahteraan itu, menurut Jokowi, juga digunakan dalam membangun kawasan-kawasan industri lain. Singergitas tersebut diharapkan dapat memberikan nilai tambah signifikan untuk perekonomian nasional, serta menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

"Kawasan industri serupa juga akan dibangun di berbagai daerah di seluruh Indonesia, yang selalu bersinergi dengan kewirausahaan masyarakat dan UMKM, untuk menyediakan kesempatan kerja bagi generasi muda yang belum bekerja, dan meningkatkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok negeri," ujar Presiden RI Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI 2020. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com