Hari Santri Nasional 2019

PCNU Kabupaten Malang Gelar Kirab Panji NU Keliling 30 MWC NU

Home / Berita / PCNU Kabupaten Malang Gelar Kirab Panji NU Keliling 30 MWC NU
PCNU Kabupaten Malang Gelar Kirab Panji NU Keliling 30 MWC NU Kirab Panji NU Kabupaten Malang.

TIMESJAKARTA, MALANG – Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 2019, PCNU Kabupaten Malang, menggelar belasan kegiatan. Salah satunya Kirab Panji NU keliling di 30 MWC NU di Kabupaten Malang. Kirab tersebut berlangsung selama lima hari secara berkelanjutan.

Kirab Panji NU itu start dari MWC NU Kasembon. Pelepasan akan dihadiri Ketua PCNU dan jajaran pengurus cabang, MWC NU dan jajaran Forkopimda Kabupaten Malang. Dari Wilayah Kasembon dilanjutkan ke Kecamatan Ngantang.

“Kirab Panji NU dalam rangka Hari Santri Nasional 2019, berbeda dari tahun sebelumnya. Kirab tahun ini digelar selama lima hari dan keliling 30 MWC NU. Ini sejarah bagi PCNU Kabupaten Malang,” jelas Koordinator Kirab Panji NU, Yatimul Ainun, kepada TIMES Indonesia, Rabu (16/10/2019).

Menurut pria yang menjabat Ketua Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kabupaten Malang itu, prosesi kirab nantinya, ada penyerahan bendera Pataka NU ke masing-masing pengurus MWC NU di 30 kecamatan.

“Para pengurus, mulai dari tingkat Ranting hingga MWC NU serta warga Nahdliyin dan alumni PKP NU akan menyambut di daerahnya masing-masing. Pataka NU akan disambut dengan lagu Ya Lal Wathani dan Indonesia Raya,” terang pria berkacamata itu.

Adapun tim yang melekat di rombongan Kirab Panji NU itu sebanyak 30 orang, yang terdiri dari santri dan kader Ansor dan Banser di Kabupaten Malang. Mereka yang akan mengawal dan membawa bendera Pataka NU dan Pataka seluruh Badan otonom NU.

Kirab Panji NU tidak hanya syiar amaliyah NU (Aswaja) sepanjang perjalanan kirab. Namun, di malam hari, juga menggelar beberapa kegiatan untuk masyarakat umum di daerah tempat bermalam. “Malam harinya, bersama MWC NU, Lembaga NU serta Banom menggelar aneka acera. Seperti ngaji digital, Tadarus Aswaja dan sosialisasi tanggap bencana,” katanya.

Selain itu, juga menggelar bakti sosial yang dipelopori oleh Lazisnu di masing-masing MWC NU. “Siang harinya, rombongan Kirab juga mengunjungi aneka kegiatan yang digelar oleh NU. Seperti Kemah Pramuka oleh LP Maa’rif NU,” katanya.

Kirab Panji NU digelar jelas Ainun, bertujuan sebagai syair NU dan memeriahkan Hari Santri Nasional. “Hari Santri Nasional adalah milik rakyat Indonesia. Bukan hanya bisa dirayakan dan dimeriahkan oleh para santri dan warga NU. Tapi untuk semua rakyat Indonesia,” katanya.

Kirab Panji NU nantinya tambah dia, juga mengkampanyekan nilai-nilai nasionalisme, NKRI dan Pancasila. “Itu semua dikemas dalam nilai-nilai Islam Nusantara atau Islam yang rahmah. Karena Islam itu ramah, dan secara tegas Indonesia menolak Islam radikal,” katanya.

Sementara itu, menurut Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr Umar Usman, momentum Hari Santri Nasional ini, menjadi kekuatan semangat bagi santri dan warga NU serta rakyat Indonesia, untuk tetap menjaga Islam yang rahmah, Islam yang Rahmatal lil Alamin, Islam Nusantara, cinta NKRI dan Pancasila. Karena menjaga dan merawat nasionalisme itu warisan para ulama NU,” terangnya.

Pada Hari Santri Nasional 2019,  PCNU Kabupaten menggelar puluhan kegiatan menyambut Hari Santri Nasional. “Punca acara atau resepsi acara Hari Santri Nasional, digelar di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Puluhan ribu warga NU akan berbondong-bondong mengadiri acara puncak,” katanya.

Terakhir, dr Umar Usman menambahkan, dengan semangat Hari Santri Nasional, yang dirayakan setiap tahunnya, para santri, NU dan warga nahdliyin secara umum, terus memberikan kontribusi terbaik bagi keamanan dan kemakmurah Indoensia.

“Sesuai dengan tema HSN 2019, “Santri Unggul Indonesia Makmur”. Santri yang menjadi harapan bangsa, terus berkarya untuk Indonesia. Santri harus menjadi pelopor menjaga NKRI dan Pancasila,” harapnya.

Diketahui, selain Kirab Panji NU keliling di 30 MWC NU, pada 22 Oktober 2019, seluruh MWC NU dan Pondok Pesantren, Lembaga Pendidikan dibawah PCNU Kabupaten Malang, secara serentak melaksanakan upacara Hari Santri Nasional di wilayahnya masing-masing.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com