’Jokowi-Ma'ruf' Karnaval Milad ke-107 Muhammadiyah di Yogyakarta

Home / Berita / ’Jokowi-Ma'ruf' Karnaval Milad ke-107 Muhammadiyah di Yogyakarta
’Jokowi-Ma'ruf' Karnaval Milad ke-107 Muhammadiyah di Yogyakarta Para peserta mengikuti karnaval budaya dalam rangka Milad ke-107 Muhammadiyah di Yogyakarta, Minggu (10/11/2019) siang. (FOTO: A Riyadi/TIMES Indonesia)

TIMESJAKARTA, YOGYAKARTA – Ribuan peserta mengikuti karnaval budaya dalam rangka Milad ke-107 Muhammadiyah di Yogyakarta, Minggu (10/11/2019) siang.

Karnaval yang mengambil start komplek Balai Kota Yogyakarta menuju Jalan Kusumanegara ini sempat menggegerkan ribuan pengunjung lantaran diantara peserta ada sosok Presiden RI dan Wakil Presiden RI Jokowi dan KH Ma'ruf Amin bersama para menterinya.

Karnaval-2.jpg

Namun, sosok Presiden RI dan Wakil Presiden RI serta tokoh kabinet Indonesia Maju tersebut bukan sungguhan melainkan hanya sebuah topeng yang digunakan para peserta karnaval.

"Itu Pak Jokowi dan Pak Kiai Ma'ruf Amin ikut karnaval juga. Tubuh mereka yang menggunakan topeng Pak Presiden dan Wakil Presiden kok sama persis dengan aslinya ya. Kreatif juga," terang Galih, pengunjung karnaval.

Karnaval-3.jpg

Peserta karnaval dari berbagai Amal Usaha Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta ini tampil dengan berbagai busana. Mulai busana adat Jawa, Dayak, Papua hingga busana daur ulang.

Ada pula gunungan hasil produk pertanian dan poster berisikan pesan-pesan ajakan mengkonsumsi makanan lokal dan menolak produk impor. Para pengunjung pun memanfaatkan momentum ini dengan foto bersama atau selfi dengan para peserta karnaval.

Untuk menarik pengunjung dari kalangan anak-anak dan remaja, panitia juga menampilkan grup drum band SMA Muhammadiyah 2 Kota Yogyakarta dan sekolah Muhammadiyah lainnya.

Karnaval-4.jpg

“Selain karnaval, dalam rangka Milad ke-107 Muhammadiyah kami juga menggelar acara sarasehan lintas waktu dengan pemimpin Muhammadiyah Yogyakarta pada 15 November nanti,” kata Ketua PD Muhammadiyah Kota Yogyakarta, Achid Widi Rachmanto.

Tak hanya itu, ada pula kegiatan sosial berupa bakti sosial dan donor darah yang akan berlangsung pada 17 November. Kemudian, kegiatan Funbike yang menggunakan istilah Sego Siketan. Sego Siketan akronim dari Sepeda di nggo Silaturahmi dan Kesehatan.

"Sampai saat ini sebanyak 2675 peserta telah menyatakan ikut serta,” papar Achid.

Ketua Panitia Kegiatan, Muhammad Hartanto mengatakan, karnaval menjadi ajang silaturahmi antar pengurus serta warga Muhammadiyah di Yogyakarta.

“Para peserta mengusung tema budaya Jogja untuk Indonesia yang diikuti oleh 60 sekolah Muhammadiyah dari berbagai tingkatan dan 75 sekolah setingkat TK Muhammadiyah  yang ada di Kota Yogyakarta,” terang Hartanto.

Penampilan peserta yang menggunakan topeng bergambar Jokowi-Ma'ruf pada Karnaval Milad ke-107 Muhammadiyah di Yogyakarta merupakan bagian kreatifitas. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com