Kemungkinan Besar Airlangga Terpilih Jadi Ketum Golkar Secara Aklamasi

Home / Berita / Kemungkinan Besar Airlangga Terpilih Jadi Ketum Golkar Secara Aklamasi
Kemungkinan Besar Airlangga Terpilih Jadi Ketum Golkar Secara Aklamasi Airlangga Hartarto. (dok/TI)

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily menyatakan, sidang paripurna pemilihan Ketua Umum pada Munas ke-10 Partai Golkar cenderung aklamasi dan mengarah ke calon petahana Airlangga Hartarto.

Sejauh ini kata Ace, susah ada 11 DPD tingkat I berikut DPD tingkat kabupaten/kota masing-masing yang menyatakan mendukung kembali Airlangga Hartarto untuk memimpin Golkar periode 2019-2024 ke depan.

"Jika pandangan-pandangan daerah ini dan organisasi pendiri Partai Golkar menyatakan dukungan kepada Pak Airlangga satu-satunya, itulah yang akan dijadikan dasar pada sidang paripurna. Keputusannya nanti kecenderungannya aklamasi," ujar Ace di Hotel Ritz-Carlton, Jaksel, Rabu (4/12/2019)


Kendati demikian, ada satu bakal caketum yang kukuh maju di Munas Golkar menantang Airlangga yakni Ridwan Hisjam. Menurut Ace, jika Ridwan tak mengantongi dukungan maka Airlangga yang bakal ditetapkan menjadi Ketum Golkar.

"Saya tidak mau mendahului apa yang disampaikan pemilik suara dalam pandangan daerah ini. Kalau memang misalnya tidak ada dukungan kepada Pak Ridwan Hisjam dan hanya kepada Pak Airlangga dukungan itu diberikan, maka saya kira Pak Airlangga yang harus ditetapkan sebagai ketua umum," jelas Ace.

Ace menyebut ada kemungkinan Airlangga terpilih secara aklamasi hari ini. Namun, penetapan ketum tetap sesuai jadwal yakni Kamis (5/12/2019) besok.

Ace lalu menjelaskan soal mekanisme aklamasi. Andai para DPD tidak memberikan suara ke Ridwan Hisjam, Airlangga bakal aklamasi terpilih sebagai ketum Golkar 2019-2024.

"Aklamasi itu ketika seluruh pemilik suara menyatakan dukungannya kepada satu-satunya Pak Airlangga Hartarto sebagai caketum. Bisa mayoritas bisa semua," tandas Ace Hasan, Ketua DPP Partai Golkar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com