7 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Home / Gaya Hidup / 7 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan Tubuh Buah Sirsak.

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Sirsak adalah buah yang berasal dari tanaman Annona muricata. Sirsak dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan sebagai jus. Selain lezat, buah sirsak ternyata juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat sirsak untuk kesehatan?

Berikut adalah beberapa khasiat buah sirsak untuk kesehatan, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis dapat berkontribusi pada berbagai penyakit. Beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak sirsak dapat secara efektif meredakan peradangan.

Berdasarkan penelitian tersebut, sirsak dianggap berpotensi membantu mengatasi gangguan peradangan seperti radang sendi. Meskipun begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi sering kali tidak menimbulkan gejala, tapi penyakit ini sangat wajib diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga stroke.

Dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sirsak dapat membantu mengurangi tekanan darah tanpa meningkatkan denyut jantung.

3. Mencegah Tukak

Sirsak dipercaya dapat membantu mencegah tukak, yang merupakan luka menyakitkan yang berkembang di lapisan perut, kerongkongan, atau usus kecil. Buah ini mencegah tukak dengan cara melindungi selaput lendir perut, sehingga mencegah kerusakan pada saluran pencernaan.

4. Membantu Mengobati Herpes

Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Infeksi ini umumnya muncul di mulut atau di area genital. Penelitian di laboratorium membuktikan bahwa ekstrak sirsak memiliki efek antiherpes.

Secara in vitro, sirsak merupakan racun bagi virus herpes simpleks 2 (HSV-2). Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memastikan khasiat buah sirsak sebagai pengobatan herpes.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi meliputi vitamin C, vitamin E, zinc, dan beta-karoten. Kandungan antioksidan pada sirsak dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Antioksidan dalam sirsak dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pernapasan

Efek anti peradangan dan anti bakteri pada sirsak juga dipercaya bermanfaat untuk mencegah masalah sistem pernapasan yang terkait peradangan atau infeksi bakteri. Manfaat satu ini masih sangat minim bukti ilmiah dan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat sirsak untuk kesehatan tubuh lainnya adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang baik dapat melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Konsumsi buah sirsak yang kaya nutrisi dan kaya antioksidan dapat sangat membantu dalam menjaga sistem imun tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com