Enak dan Kaya Manfaat Yuk Makan Cokelat Hitam

Home / Gaya Hidup / Enak dan Kaya Manfaat Yuk Makan Cokelat Hitam
Enak dan Kaya Manfaat Yuk Makan Cokelat Hitam ILUSTRASI - Makan Cokelat Hitam. (FOTO: Freepik)

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Cokelat salah satu camilan yang paling banyak diburu. Di pasaran terdapat beberapa jenis cokelat, yakni cokelat susu (milk chocolate), cokelat putih (white chocolate), hingga cokelat hitam (dark chocolate).

Berdasarkan penetilian cokelat hitam adalah jenis cokelat yang paling baik untuk dikonsumsi. Itu karena cokelat hitam tak banyak mengandung gula 

Dilansir dari The Daily Meal, berikut ini ragam manfaat cokelat hitam

1. Bisa buat diet

Ingin diet? Coba makan cokelat hitam. Penelitian dari University Copenhagen menemukan bahwa makan dark chocolate atau cokelat hitam membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah hasrat ngidam makanan manis, asin, dan berlemak. Jadi bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, cokelat hitam bisa menjadi pilihan camilan yang baik.

2. Meningkatkan penglihatan

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang ampuh untuk meningkatkan penglihatan. Dalam beberapa penelitian menyebutkan para responden yang mengonsumsi cikelat hitam selama masa penelitian, memiliki tingkat penglihatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

3. Bisa meningkatkan mood jadi lebih baik

Cokelat hitam mengandung endorphin atau hormon bahagia yang dapat meningkatkan mood seseorang. Jika Anda sedang dalam kondisi tertekan atau stres memikirkan deadline pekerjaan, cokelat hitam bisa menjadi salah satu camilan yang wajib Anda konsumsi.

4. Mencegah kanker

Konsumsi cokelat hitam secara rutin juga sangat ampuh untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker. Menurut para ahli, cokelat ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi seperti flavanoid dan polyphenol. Molekul inilah yang berfungsi menjaga tubuh dari virus penyakit termasuk kanker.

5. Melindungi radiasi sinar matahari

Cokelat hitam mengandung flavonol. Ia bertugas mencegah kerusakan kulit akibat paparan radias sinar matahari dengan melancarkan aliran darah di kulit dan meningkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit.

Journal of Cosmetic of Dermatology menuliskan manfaat cokelat hitam dapat menangkal dampak buruk radiasi sinar UVB yang bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit, kerusakan mata (termasuk katarak), dan kanker kulit.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com