5 Bahan Alami untuk Atasi Tumit Pecah-Pecah

Home / Gaya Hidup / 5 Bahan Alami untuk Atasi Tumit Pecah-Pecah
5 Bahan Alami untuk Atasi Tumit Pecah-Pecah bahan alami untuk mengatasi tumit pecah-pecah (FOTO: Liputan6)

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Ragam produk perawatan tumit pecah-pecah banyak beredar di pasaran. Produk tersebut mengandung bahan khusus yang dapat memperbaiki kulit kering dan pecah-pecah.

Namun ternyata ada bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Apa sajakah itu?

1. Pisang

Pisang salah satu buah yang mampu melembapkan kulit, termasuk tumit kering atau pecah-pecah. Caranya campurkan daging buah pisang dengan madu. Aduk hingga teksturnya mirip pasta. Oleskan pada tumit dua kali seminggu.

2. Cuka Apel

Cuka apel ampuh atasi tumit pecah-pecah sekaligus membuatnya tetap lembap. Kadungan asam asetat pada cuka apel membantu pengelupasan kulit mati secara alami. Campurkan setengah cangkir cuka apel dalam bak penuh dengan air hangat. Lalu, rendam kaki dan tunggu untuk beberapa waktu. Gunakan juga batu apung dan lembapkan dengan petroleum jelly.

3. Gandum

Gandum dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit kering dan juga menjaga kulit tetap segar. Ambil satu sendok gandum dan tambahkan beberapa minyak jojoba. Aduk dan gosokkan pada tumit yang bermasalah. Biarkan selama 30 menit dan bilas. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan merendam kaki dengan campuran air gandum yang diikuti dengan pelembap atau krim kaki.

4. Minyak kelapa

Orang dulu kerap menjadikan minyak kelapa sebagai bahan alami perawatan tubuh. Mulai dari rambut, kulit, termasuk untuk mengobati tumit yang pecah-pecah. Minyak kelapa alami punya sifat antimikroba dan antijamur. Kandunga tersebut dapat mengobati masalah tumit. 

Rendam kaki Anda dalam air hangat dan tambahkan beberapa tetes minyak kelapa selama 10 menit sambil digosok lembut.

5. Gunakan batu apung

Seperti minyak kelapa, orang dulu juga sering menggunakan batu apung untuk mengangkat sel kulit mati. Carana menggosok dengan lembut batu apung pada tumit. Mudah ya! Nah tak ada salahnya kembali ke alam untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Selamat mencoba.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com