Mengatasi Rasa Bosan dengan Membaca, Yuk Cek 4 Situs Novel Online Ini

Home / Gaya Hidup / Mengatasi Rasa Bosan dengan Membaca, Yuk Cek 4 Situs Novel Online Ini
Mengatasi Rasa Bosan dengan Membaca, Yuk Cek 4 Situs Novel Online Ini Ilustrasi Orang Bermain Laptop. (Foto: tirto.id)

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Ketika berada terus di rumah tanpa melakukan kegiatan, pasti akan mengalami rasa bosan. Sebenarnya ada beberapa kegiatan di rumah yang dapat mengatasi rasa bosan, seperti membaca novel. Saat ini kalian bisa menggunakan beberapa situs novel online, tanpa harus membelinya ke luar rumah.

1. Wattpad

Sebuah platform yang sering digunakan untuk menulis dan membaca novel secara online. Kalian juga pasti banyak mendengar beberapa cerita di wattpad yang sering diterbitkan menjadi buku. Wattpad ini menjadi salah satu situs baca novel online secara gratis yang paling populer.

Beberapa novel di wattpad yang telah dibaca oleh jutaan pembaca, banyak dijadikan sebuah film. Film Dear Nathan, ABC (Aku Benci dan Cinta), Melodylan, dan lainnya. Sebab itu, nama wattpad sudah banyak dikenal oleh para pembaca novel online.

Selain itu, wattpad menyediakan berbagai genre yang tidak akan membuat kalian bosan. Aplikasi wattpad ini lebih banyak menyediakan novel-novel secara gratis dibandingkan situs online lainnya. Kalian bisa mengunduhnya di Appstore atau Playstore.

2. Dreame

Aplikasi yang digunakan untuk kalian menulis maupun membaca novel online. Lalu, Dreame memiliki koin yang digunakan untuk membeli beberapa part dalam setiap cerita. Dreame ini lebih banyak cerita-cerita yang berbayar, dibandingkan secara gratis.

Beberapa novel yang telah dibukukan biasanya akan dipublikasi ke Dreame, tetapi para pembaca diharuskan membayar menggunakan koin. Kalian bisa membeli koin tersebut menggunakan M-Banking, Gopay, atau pulsa. Dreame juga menyediakan beberapa misi yang menghasilkan koin, sehingga kalian tak perlu top-up. Jadi, kalian tak perlu keluar rumah hanya untuk membeli novel.

Untuk kalian para penulis pemula ataupun sudah mulai berkembang, bisa mendapatkan royalty dari koin-koin tersebut. Alhasil, tulisan atau cerita kalian akan mendapat uang dari banyaknya para pembaca yang membayar dengan koin.

3. Storial.co

Sebuah platform untuk membaca novel online dengan berbagai genre. Mulai dari sci-fiction hingga romance. Lalu, kalian dapat mengungggah cerita di mana dan kapan saja.

Storial.co ini menghadirkan konsep yang berbeda untuk para pembaca, karena disertakan audio. Kalian yang menggunakan platform tersebut dengan adanya audio akan semakin membuat terasa jelas imajinasi dalam suatu cerita.

Namun, beberapa cerita di storial.co ini diharuskan membayar menggunakan koin. Kalian yang ingin membeli koin bisa top-up, melalui transfer bank, pulsa, dan indomaret terdekat.

4. Cabaca

Cabaca ini sebuah platform novel yang masih berkembang. Jadi, bahasa yang disediakan masih Indonesia saja. Kalian bisa menemukan berbagai genre, mulai dari teenlit, chicklit, romance, fantasi, horror, dll. Bagi kalian yang memiliki tulisan cerita juga bisa dipublikasi, melalui cabaca. Nah, untuk kalian para penulis nanti bisa mendapatkan royalti atas cerita yang telah dipublikasi.

Platform novel ini memiliki keunikan dengan menyediakan tiga bab gratis untuk setiap buku yang diunggah. Kalian bisa baca bab selanjutnya dengan cara top-up kerang (sejenis koin).

Untuk menambah kerang kalian bisa memasukan kode dari teman atau kerabat. Cara lain untuk mendapatkan kerang dengan rutin berkomentar di setiap bab, sehingga kerang akan bertambah pada akun kalian. Kalian juga bisa top-up kerang, melalui transfer bank, kartu kredit, pulsa, dan indomaret terdekat.

Bagi kalian yang di rumah aja, jangan khawatir akan merasa bosan atau tidak produktif. Kalian bisa membaca novel dari situs novel online di rumah untuk mengatasi rasa bosan. Jika ingin lebih produktif, maka kalian juga bisa membuat cerita-cerita yang dapat menguntungkan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com