Makanan Tinggi Protein, Ini Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Home / Gaya Hidup / Makanan Tinggi Protein, Ini Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh
Makanan Tinggi Protein, Ini Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh ILUSTRASI - Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Tubuh. (FOTO: https://nofianisa.blogspot.com)

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Kedelai termasuk salah satu bahan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Kedelai memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat kedelai?

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi kedelai untuk kesehatan tubuh, dilansir dari Klik Dokter.

1. Tinggi antioksidan

Kedelai salah satu makanan tinggi antioksidan. Fungsi senyawa ini adalah untuk memperbaiki dan mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Bahkan, mengonsumsi kacang kedelai mampu memperbaiki sel akibat polusi udara dan paparan sinar ultraviolet.

2. Menurunkan kolesterol

Kandungan antioksidan dari kedelai juga berfungsi mengurangi kadar LDL (low-density lipoprotein) alias kolesterol jahat. Kedelai mengandung sedikit lemak dan bebas kolesterol.

Meski kandungan gulanya sedikit, tetapi kedelai menyimpan karbohidrat yang dapat memberikan energi untuk beraktivitas hingga jadwal makan berikutnya.

3. Mencegah kanker

Selain mengandung antioksidan tinggi, kedelai juga diperkaya isoflavon yang bermanfaat untuk mencegah sel kanker tumbuh. Kandungan isoflavon dalam kedelai dapat membantu mencegah kanker payudara.

4. Meredakan nyeri saat haid

Tidak hanya mengurangi kadar kolesterol dan mencegah pertumbuhan kanker, kandungan isoflavon dalam kacang kedelai juga berfungsi untuk meredakan nyeri saat haid datang.

5. Mencegah penuaan dini

Kedelai juga dapat mencegah penuaan dini pada wanita. Kandungan aglycones dari kedelai juga berfungsi untuk meregenerasi sel-sel kulit.

6. Sumber protein

Kedelai adalah salah satu sumber protein terbaik. Ketika kebutuhan protein dalam tubuh tercukupi, maka fungsi metabolisme akan berfungsi dengan maksimal. Tidak hanya itu, protein dari kacang kedelai juga berfungsi untuk membangun sel dan melancarkan pembuluh darah di setiap bagian tubuh. 

7. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin, mineral, kalsium, dan seng pada kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Semua nutrisi ini penting untuk mempromosikan aktivitas osteotrofik. Aktivitas ini memungkinkan tulang baru tumbuh dan juga mempercepat proses penyembuhan tulang.

Itulah berbagai manfaat kedelai untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsunsi makanan berbahan kedelai dan dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com