Awas, Kurang Tidur Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan Jantung

Home / Gaya Hidup / Awas, Kurang Tidur Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan Jantung
Awas, Kurang Tidur Bisa Berdampak Buruk untuk Kesehatan Jantung ILUSTRASI - Mengantuk karena kurang tidur. (FOTO: Looke Cosmetics)

TIMESJAKARTA, JAKARTAKurang tidur bukan hanya berhubungan dengan rasa kantuk. Hasil penelitian menyebut durasi tidur berpengaruh besar pada kesehatan jantung. Jika seseorang memiliki kebiasaan tidur yang buruk seperti kurang tidur maka akan berdampak negatif bagi jantungnya.

Dilansir dari Medical News Today, risiko penyakit jantung akan meningkat pada mereka yang memiliki durasi tidur kurang dari standar yang direkomendasikan, yakni 6-9 jam. Orang yang memiliki durasi tidur kurang dari 6 jam per malam berisiko 20 persen lebih tinggi terkena serangan jantung.

Sebaliknya, tidur terlalu banyak juga bisa menjadi masalah. Mereka yang tidur lebih dari 9 jam per malam justru memiliki risiko serangan jantung dua kali lipat lebih besar, yakni 34 persen.

Dalam studi lain di Spanyol, mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki kemungkinan lebih besar terserang penyakit kardiovaskular daripada mereka yang tidur 7 hingga 8 jam.

Dalam studi itu, 3.974 pegawai bank mengenakan pelacak aktifitas untuk mengukur jam tidur selama satu minggu. Mereka juga melakukan pemindaian jantung dengan metode 3D ultrasound untuk mengecek penyakit jantung.

Para Peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan orang yang tidur 7 hingga 8 jam, mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 27 persen lebih tinggi mengalami “kelainan” Asterosklerosis.

Asterosklerosis adalah penebalan pada dinding arteri yang belum serius cukup untuk menyebabkan berbagai komplikasi.

Agar tidak mudah mengalami gangguan kesehatan jantung, Anda harus cukup tidur. Berikut ini kiat mendapatkan kualitas tidur dari Center for Disease Control and Prevention (CDC).

1. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan
2. Biarkan tubuh mendapatkan cahaya alami matahari yang cukup di pagi hari
3. Jauhi paparan sinar elektronik seperti LED dari ponsel atau televisi saat menjelang tidur
4. Hindari makan dan minum berlemak tinggi sebelum tidur, terutama alkohol dan makanan yang tinggi lemak atau gula
5. Kondisikan kamar tidur dalam suasana tenang, gelap, dan sejuk
6. Berolahraga setiap hari, namun hindari berolahraga beberapa jam sebelum tidur.

Itulah kiat agar Anda tidak kurang tidur. Selain hal di atas, Anda juga harus menjalankan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com