Jember Jadi Daerah Sasaran Latsitarda Nusantara ke-39

Home / Berita / Jember Jadi Daerah Sasaran Latsitarda Nusantara ke-39
Jember Jadi Daerah Sasaran Latsitarda Nusantara ke-39 Suasana audiensi empat kepala daerah dengan Gubernur Jawa Timur dan Danjen Akmil TNI terkait kegiatan Latsitarda Nusantara ke-39 di Gedung Grahadi, Surabaya, beberapa waktu lalu. (FOTO: Istimewa)

TIMESJAKARTA, JEMBERKabupaten Jember, Jawa Timur kembali dipercaya untuk menjadi salah satu daerah sasaran Kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-39. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh sejumlah institusi pendidikan besar di Indonesia, yakni Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Kepolisian (Akpol), dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). 

Selain Jember, tiga kabupaten lain di Jawa Timur yang juga menggelar kegiatan tersebut yakni Trenggalek, Pamekasan, dan Bojonegoro. Latsitarda Nusantara ke-39 ini rencananya akan dilaksanakan pada 2019 mendatang.

"Ada beberapa poin pertimbangan kenapa Latsitarda dilaksanakan di Jember nantinya, di antaranya adalah faktor jarak, dukungan pemerintah daerah, dukungan masyarakat, kesiapan, dan akomodasi. Dan hasil penilaian tim pengendali Latsarda Nusantara, Jember layak sebagai daerah sasaran," ungkap Bupati Jember dr. Faida saat diundang ke Surabaya bersama tiga kepala daerah lain untuk menghadiri audiensi Danjen Akademi Militer TNI bersama Gubernur Jawa Timur di Gedung Grahadi, Surabaya, beberapa waktu lalu.

Faida menerangkan, tujuan diselenggarakannya Latsarda ini salah satunya adalah percepatan pembangunan melalui penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda di daerah sasaran, berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara.

"Ada beberapa kegiatan teknis yang nantinya akan dilakukan seperti karya bakti, kajian sosial, bakti sosial kesehatan, penyuluhan, penanaman nilai juang, dan pengenalan Akademi TNI, Akpol, dan IPDN," tambahnya.

Kegiatan itu akan dimulai pada awal tahun mendatang untuk tahap persiapan, sementara pelaksanaannya dilakukan pada April 2019. Latsitarda Nusantara ke-39 tersebut bakal diikuti oleh 991 orang yang terdiri dari Akmil, AAL, AAU, Akpol, IPDN, dan mahasiswa. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com