Efektifkah Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Makan Tomat?

Home / Gaya Hidup / Efektifkah Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Makan Tomat?
Efektifkah Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Makan Tomat? Manfaat tomat bagi kesehatan. (FOTO: dusbus.com)

TIMESJAKARTA, JAKARTATomat merupakan jenis sayuran yang kaya manfaat. Bukan hanya dikonsumsi saat masih segar, tomat yang dimasak memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Dilansir dari Dokter Sehat, sebuah penelitian mengungkapkan fakta bahwa tomat yang dimasak ternyata memiliki kandungan lycopene yang lebih tinggi sekaligus lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Lycopene adalah sejenis antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif.

Berdasarkan penelitian terbaru, disebutkan bahwa kandungan lycopene di dalam tomat yang sudah dimasak cenderung lebih efektif untuk menurunkan risiko stroke dibandingkan dengan kemampuan obat statin. Bahkan, kandungan ini juga bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, penyakit mata, peradangan, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Selain tomat, kita juga bisa mendapatkan lycopene dari berbagai sayuran dan buah-buahan lainnya, khususnya yang memiliki warna merah, oranye, atau kekuningan seperti pepaya, semangka, jambu, serta grapefruit.

Dengan memasak tomat, maka kita akan mendapatkan kandungan lycopene yang jauh lebih tinggi. Selain itu, kita juga akan mendapatkan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan thiamine.

Hanya saja, pastikan untuk tidak mengonsumsi tomat kalengan. Bukannya menurunkan kolesterol jahat, justru kandungan sehat pada tomat kalengan telah menurun drastis dan sudah terpapar bahan pengawet dan zat kimia berbahaya lainnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com